Senin, 04 November 2019

BARONGKO – Cemilan Traditional yg Sehat dan Penuh Nutrisi





Assalamu’alaikum
Kali ini aku mau sharing tentang Barongko, cemilan sehat why? Ya karena isinya tuh penuh nutrisi banget, full of protein, dan bisa jadi inspirasi untuk menu MPASI juga.
Barongko merupakan makanan khas Bugis-Makassar yang terbuat dari pisang yang dihaluskan, telur, santan, gula pasir
dan garam. Kemudian dibungkus daun pisang lalu dikukus. Jika sudah matang, dimasukkan ke dalam kulkas. Dahulu Barongko disajikan sebagai hidangan penutup bagi raja Bugis. Selain itu juga sering disajikan saat acara adat seperti sunatan, akikah, penikahan, syukuran dan lain sebagainya. Hingga kinipun Barongko masih biasa disajikan saat pesta adat. Selain itu pula, Barongko masih bisa dijumpai ketika bulan Ramadhan sebagai menu takjil (berbuka puasa).
Untuk membuat Barongko ini haruslah dikerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman. Dengan tujuan untuk mempertahankan kualitas rasa dan kelezatan yang khas dari Barongko. Karena itulah Barongko tidak mudah dijumpai di pasaran. Sooo.. coba deh bikin sendiri hahaha....



Ini aku share resep yang ala aku ya, dan aku bikin ½ resep.

Barongko

Bahan:
  • ½ sisir pisang raja / kepok (sekitar 7-8 buah)
  • 4 butir telur
  • 600ml santan dari ½ kelapa
  • 2 lembar roti tawar (boleh skip, resep asli tidak pakai)
  • 3 sdm susu kental manis
  • 100 gr gula pasir (sesuaikan)
  • Garam secukupnya
  • Daun Psiang & Tusuk Lidi

Cara Membuat.:
  1. Haluskan pisang dengan menggunakan garpu, kalau untuk anak2, bagian tengah yang ada bintik2 hitam dibuang saja, mengurangi resiko sembelit. Dan hasilnya lebih cantik,
  2. Lalu blender semua sisa bahan tersebut di atas, terakhir masukkan adukan pisang yang halus ke dalam adonan. Aduk rata.
  3. Buat tum daun pisang, lalu bungkus pincuk seluruh adonan kira2 2 sdm per bungkus. Panaskan dandang, kukus semua bungkusan kira2 20 menit. Angkat dan dinginkan. Sajikan boleh hangat boleh dingin dari kulkas.
  4. Saya buat sisanya pakai cetakan kue mangkok, dan diberi pasta pandan. Enak juga rasanya haahaahaa..



Wassalamau’alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar