Selasa, 12 November 2019

Happy Tummy After Work: Mie Aceh Ah Mangaat Rasa – Sawangan, Depok



Assalamu’alaikum

Kali ini mau bahas dan cerita tentang Mie Aceh, pasti udah pada tau ya soal Mie Aceh ini?
Jadi aku pertama banget makan Mie Aceh kalo ga salah pas kuliah, masih di Semarang, dulu daerah Ngesrep/Tembalang ada satu tempat yang jual Mie Aceh ini. Pertama kali makan ya langsung suka, why? Rasanya ber-rempah banget, wangi dan gurih. Porsi besar dengan isian daging / seafood yang melimpah, Mie-nya kuning tebel dan padet, beda dengan mie telur yang biasanya untuk mie tek2 atau mie jowo ya. Mie-nya panjang kuning dan mengkilat.



Biasanya ada 3 macem, mie rebus, mie tumis dan mie goreng. Jadi mie tumis ini bedanya dengan mie rebus atau mie goreng, kuahnya sedikit dan kayak “mie nyemek” kalo di Mie Jowo. Bumbunya ber-rempah kayak kuah kari gitu, disajikan dengan bawang goreng yang banyak, emping, acar bawang merah dan irisan timun dan jeruk nipis. Kalo yang suka dengan olahan mie dan bumbu rempah kayak kari seperti itu pasti cocok di lidah, but, honestly kalo yang sensitive dengan rempah-rempah seperti itu, pasti ga akan suka, rasanya cenderung pedes dan hangat di perut karena rempah2nya gitu.


Pas kerja awal-awal di Jakarta, aku sempet tinggal di area kebon jeruk, Nah disitu ada Kedai Mie Aceh, aku agak2 blur namanya, tapi dulu aku hitungannya sempet sering banget makan ke situ. Enak, dan emang aku dari dulu selalu punya porsi makan kayak kuli. Maklum ya, definetly aku emang kuli bangunan, itu kira2 sekitar tahun 2008-2009an lah.



Nah, pas aku mulai pindah ke Rumah sendiri di daerah Depok, setiap pulang pasti udah agak malem, dan selalu ngelewatin rumah makan ini. Namanya “Mie Aceh Ah Mangat Rasa”. Kalo diartikan harusnya “Rasa yang Enak banget”. Makan disini, bener2 nemu mie aceh yang beneran berbumbu2. Dengan rasa yang pas banget juga di lidah aku, ga berlebihan yang gimaana rempah kari-nya. Isiannya lumayan banyak, misalnya kalo pesen yang daging atau seafood, ya potongan dagingnya besar dan banyak, seafoodnya juga ga pelit. Aku belum pernah kesampean untuk makan Mie Aceh Kepitingnya. next mau cobain deh. Kalo kesini pasti langsung nanya ada kue timphan atau kue pulut ga? Trs langsung nyomot 1-2 buah ahhaa, dan minumnya pasti kalo ga pesen es teh tarik aceh, atau es kopi tarik aceh, es timun serut ataupun es jeruk nipis, aku rasa minuman ini cukup khas untuk pelengkap makan mie aceh atau nasi goreng aceh. Mereka punya banyak jenis makanan lain, karena mungkin konsepnya as kedai kppi, jadi banyak cemilan yg light bite gitu. Patut di coba ya, yang rumahnya sekitaran alamat di bawah ini.

Wassalamu’alaikum

Coffee & Mie Aceh A.h Mangat Rasa Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Mie Aceh “Ah Mangat Rasa” – Sawangan, Depok
Alamat   : Ruko Pancoran Mas, Blok C
    Jl. Sawangan Raya No. 81
              Sawangan - Depok
Open     : Mon-Sun : 12.00 AM – 23.00 PM
Telp.      : 021 – 7720 4824
Cost      : Rp. 60.000,- - Rp. 100.000,- / 2pax


Tidak ada komentar:

Posting Komentar