Selasa, 04 April 2017

Dan Malaikatku pun Tiba... ^^

Assalamu’alaikum.
Hollaaaaa.. J

Mau lanjutin cerita yang kemarin yaaa. Jadi Sabtu pagi itu aku masih dengan kontraksi ringan dan bukaan baru 1 yah. Aku cobain jalan pagi keliling komplek, ditemenin suami. Sambil bawa-bawa buku kecil, ngitung frekuensi kontraksi. Hahaha.. lucu yah.. jadi emang kontraksi-nya udah rutin banget tapi di kisaran 10 menit sekali kadang 5 menit sekali. Tapi masih ditungguin banget. Pas mulai selepas maghrib, mules-nya makin kerasa, Mamaku dah mulai ga tenang, tapi akunya masih belum mau ke RS lagi. Jadi coba buat dibawa tidur aja sambil main HP, baca-baca beberapa surat & ayat pendek. Ya Allah, luar biasalah ya pokoknya rasanya. Lewat dari jam 12 malem aku mulai ga tahan tuh. Dan bener-bener ga tahan, coz kontraksinya dah 2-3 menit sekali. Huuuuffthhhh...

Akhirnya malem ini jam 1 dini hari tepatnya aku, suami & dianter Papa Mamaku ke RS. Dicheck baru bukaan 2, sambil tunggu subuh dan istirahat dulu. Bidannya rutin rekam jantung si Baby. Hari Minggu jam 6 baru dikabarin kalo dr. Mutia lagi cuti ke Jepang. Oh my God... huhuhu.. tapi langsung cepet diganti sama dr. Novi, yang orangnya baik bangettttt.. Alhamdulillah, doi bantu banget sampe proses lahir dan recovery.

Itu aku hari Minggu subuh, di check masih bukaan 2 dan prosesnya lama banget ya Allah, sakit nya tuh gimana gitu hihihi.. Dokter pengganti, dr. Novi juga visit pagi itu, 2x periksa bukaan, setelah sarapan dan lain-lain aku coba relax, dan bolak balik toilet. Nah karena aku ambil Paket Rawat di kelas 1, jadi aku di ruang VK sebelahan sama Ibu yang mau melahirkan juga. Nyoba untuk ga terpengaruh juga sih, karena situasinya udah pecah ketuban dan rekam jantungnya kurang baik. Udahlah aku dag dig dug nambah yesss. Finally si Ibu itu operasi cesar juga di pagi itu, sempet denger proses persiapan dia operasi dan pas bayinya di bawa ke depan ruang VK, aku tambah terharu ya Allah.

Jadi semangat lagi dan ga sabar ketemu Baby Tee. Sekitar jam 1 siang, bidan check bukaan masih stuck di 3. Dan rekam jantung baik, air ketuban juga cukup, Mamaku mulai rewel liat aku nahan sakit kan yah. Hihihi.. akhirnya nyerah liat aku, dan maksa si Papi minta aku operasi SC aja, dah ikutan panik juga, cuma Dokter by phone juga ga mau SC, karena kondisi aku & bayi masih stabil dan tetep mau nunggu bukaan aku nambah. Se-keukeuh itu lho dr. Novi bertahan untuk tetap pro ke persalinan normal. Aku dan si Papi mulai semangat lagi.

Abis makan siang, tetep dengan keringet ngucur, sakitnya dah ga bisa diungkapin lagi deh. Aku nyoba miring kanan kiri biar posisi baby enak buat turun, meskipun dari USG posisi si Baby Tee udah di bawah banget kan. Dah siap banget buat meluncur. Pas aku lagi coba atur posisi dan angkat pantat, itu berasa Bessssss.... ada yang rembes di paha aku deres banget. Aku sontak teriak, “ketubannya pecah..” Huuufftthh.. daan.. si perawat & bidan di VK, sibuk.

By phone ke dr. Novi, si Papi decided untuk SC karena ketuban pecah, dan kondisi aku udah sehari semalem nunggu bukaan ga nambah. Finally aku dipersiapkan untuk SC di jam 4 sore. Daftar dokter yg incharge di ruang operasi juga udah dikasih tau. Aku juga mulai disiapin untuk test alergi, karena aku punya riwayat alergi banyak dan lumayan parah juga kalo salah. Terutama dengan obat yang berbau pain killer gitu. Itu Dokter Anastesi sampe puyeng cari pengganti obat-nya hahaha.. pas aku sebutin beberapa nama obat, dia cm bisa bilang “terus Ibu minum obat apa ini ya.”

Perawat juga udah ngambil inhaller asthma aku untuk persiapan selama operasi. Itu aku baru kali itu kan yah seumur hidup mau masuk Ruang Operasi. Tangan dan kaki aku gemeteran pake banget. Pas ganti baju pake baju operasi juga dah ya Allah, udah kacau banget rasanya, pas tangan aku pegang perut aku. Itu aku cm bisa nahan nangis, sambil mikir “kamu akan baik2 aja kan ya Nak? Kamu yg sehat ya Nak.. lahir yang sehat ya Allah.”

Mungkin itu ya yang namanya di persimpangan banget, sampe semua dosa kayaknya keinget semua. Semua rasa bersalah selama hamil keluar semua, sering ga jaga makan karena ngidam, sering banget ga minum vitamin. Ya Allah... beneran ketakutan super parah. Takut si Baby kenapa2.

Si Mamah, nemenin aku sampe ke depan pintu ruang operasi, dia bilang baca ayat kursi, syahadat dan lain-lain. Pas pintu ruang operasi ditutup aku berasa sendirian dong ya, suami dan mama di luar. Mana dingin banget, kaki dan tangan aku dah kaku. Untung banget dr. Ridwan baik banget, dia puterin surat-surat pendek dari HP-nya buat aku, mungkin maksudnya biar aku tenang, terus ngajak aku ngobrol dan becanda. Plus masih amazed sama kondisi alergi aku, nanya-nanya kenapa bisa sehafal itu sama nama obat-obatan yang bikin aku alergi. Intinya mungkin si Dokter cuma mau bikin aku ga takut yah.

Its worked it. Pelan-pelan tangan dan kaki aku ga kaku lagi, mulai bisa bergerak dan ketawa. Ngobrol santai. Sampe ke injection anastesi, aku juga berasa biasa banget ga sakit yang gimana-gimana. Dokter bilang setelah ini, aku tetap awake atau bangun, sadar 100%, tapi dari dada ke bawah bakal kesemutan sebentar dan ga akan mati rasa, cuma ga bisa gerak dan ba’al. Hmmm.. mungkin itu yg namanya efek spinal anastesi yah. Pas test cubit juga berasa ada yg cubit tapi ga sakit.

Semua dokter lengkap di Ruang Operasi, semuanya ga kelihatan tegang, rileks banget malah. Ngobrol sambil becanda soal banjir di Kemang. (see.. im still awaked yah? Aku aja inget apa yg di obrolin para dokter ituh). Ini yang bakal aku kasih review keren buat para dokter dan team di RS. Hermina Depok ini yah. 4 jempol buat mereka.

Plus aku berasa muka aku dah bengkak bgt pasti gara-gara alergi obat lagi nih. Dalem hati moga-moga si Baby Tee ga kaget liat muka emaknya bengap gini. Selama proses aku kerasa ya gimana si Dokter bedah menyayat perut aku, dan aku liat prosesnya dari ceiling di atas. Liat itu isi perut aku, itu ntah gimana aku ga takut, dan menikmati setiap prosesnya. Sampe ketika dokter bilang “ini dia si cantik...” , yup my Baby is girl yaaaa..., aku juga liat waktu si Baby diangkat dari perut aku. Ya Allah, makasih banget aku udah dikasih kesempatan ngeliat moment itu. Walaupun ga smpt ngabadiin moment-nya. Tapi itu the most precious moment in my life ya Allah. Begitu si Baby kedengeran nangis itu rasanya aku pengen loncat dari meja operasi.

Ga lama Dokter Anak nyerahin Baby Tee di pelukan aku, ya Allah aku cuma bisa nangis, terbata-bata bilang “assalamu’alaikum Nak...” hanya beberapa menit aja, aku ngerasain IMD (Inisiasi Menyusui Dini), si Baby Tee pas banget nemu puting aku dengan mulut kecilnya itu, langsung aja diangkat sama Dokternya. Terus sodorin mukanya untuk aku cium. Ya Allah.. aku jatuh cinta berkali-kali dengan malaikat ini. Mami sayang sama kamu Nak.

 
beberapa menit setelah dilahirkan

Setelah itu ga sampe 30 menit,  di Ruang Recovery mama dan suamiku udah nunggu, sambilan aku pemulihan dari teler pasca operasi. Pakaianku diganti oleh perawat, dipakein gurita & kain sarung. Dah ga ada manis-manisnya deh hahaha.. gimana mau kepikiran poto2 kayak artis-artis itu yak. Muka aku bengkak sampe hari ke2 di RS. Aku di RS ga ada foto berdua sm Baby wkwkwk.. dah dandanan ampun-ampunan. Pake sarungan tiap hari, coz ada jahitan belasan cm di perut yess..

Dokter bilang confirmed ga mau kasih aku pain killer, taku aku alergi lagi, aku hanya dikasih panadol aja, untuk penghilang demam. Tapi Allah itu maha adil koq, ga tau gimana selama di RS aku ga ngerasa sakit yang gimana-gimana walaupun ga minum pain killer. Subhanallah banget. Proses pemulihannya juga cepet banget dan lancar banget.

Malem itu setelah aku dipindah ke ruang rawat inap, istirahat beberapa jam, sekalian ngobrol sama si Papi tentang si Baby, ditunjukin foto dan video-nya, kira-kira jam 10an malem, 6 jam setelah lahir, suster bilang Baby Tee sudah boleh room in dan bobo bareng aku di kamar inap. Ga tau kenapa hati ini berasa ga siap, takut si Baby Tee yg masih rentan itu kenapa-napa malahan. Aku bilang ke suster pagi aja room in-nya. Ya Allah, kalo inget itu rasanya nyesel banget. Padahal harusnya gpp ya, ga akan kenapa-napa. Tapi yaudahlah, namanya baru pertama lahiran hihihi.. dimaafkan ya buibuk.

Pagi itu jam 6 aku dah di washlap sm suster jaga, dah sarapan, minum vitamin, plus grooming sedikit hihihi. Wangi2 dikit, grogi bener mau ketemu si Baby, meskipun muka masih bengkak yess... huhuuu..

Jam 7 tiba...
Here you are come..
Subhanallaah.. Alhamdulillaah.. cantik banget, mukanya beda banget dari foto yang diambil si Papi sore kemarin. Seneng banget.. akhirnya bisa ketemu dan nyentuh dia. Malaikat kecilku.. kalo si Papi bilang “life changer”.


hari kedua di RS


Tataouine Haritsa Iskandar
Yes its her name, artinya sendiri cukup singkat Tataouine : Oasis (mata air) / kota di Tunisia, Haritsa : Penjaga, Iskandar (nama belakang Papinya). Harapannya dia bisa jadi mata air yang sejuk, bisa jadi penjaga hati kami, keluarga kecil kami. Amin.

Pagi itu super duper happy ya..
Dan ga nyangka aku bisa langsung menyusui dan Tatwin bisa cepet belajar nyusu. Sekali lagi makasih ya Allah...

Nanti insyaaAllah, aku posting pengalaman menyusui ya.. see you.



Wassalamu’alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar