Selasa, 11 April 2017

Menjadi Ibu, Recovery dan Baby Blues?

Assalamu’alaikum
Hollaaa...

Recovery

Nerusin yg kemarin yaa. Jadi hari pertama aku being a mom yah, itu aku pertama kali cuma bisa liat dia diangkat dari box sama suster, melongo, koq tau-tau si bayik udah ada di depan aku ajah. Pake baju, bibir merah, pipi merah, rambut hitam, ya Allah.. ngegemesin banget.

Terus si Suster suruh aku belajar gendong, nimang. Dan taraaaa... langsung disuruh susuin. Aku bengong, “sekarang Sus?” wkwkwk.. kan aku mikirnya belum langsung keluar tuh ASI aku. Terus suster bilang “iya Bu, langsung aja sekarang.” Sambil tiduran aku nyusuin si Baby, Tatwin ya sekarang panggilnya.. ^,^

Si mulut kecilnya langsung maju ke puting payudara (PD) aku, ya Allah ni anak semangat banget, terus dia ga dapet eh nangis, kata Suster marah si Tatwin-nya, ga sabar dapet susu. Nah pas mulutnya dah nempel ke puting, ga tau gimana itu ASI aku netes-netes. Aku takjub sendiri. Alhamdulillaah..

Itu aku selama di rumah sakit, dan recovery aku belajar latch on menyusui. Dan bener-bener ngalamin proses PD penuh dan netes-netes terus. Akhirnya aku akalin pompa dan colongan kasih Tatwin asi perah, hihihi.. jangan ditiru ya Moms. Karena daripada kelaperan kan si Tatwin. Padahal, aku dah dikasih tau, kalo bayi ga akan kelaparan di umur hitungan hari.

Selama proses recovery, aku excited ya, karena ada baby, muka bengkak & baju awut-awutan aku ga peduli, makan aku tetap lahap juga, ASI lancar. Si Papi juga mulai belajar gendong. Sibuk foto-fotoin juga hihihi.. karena aku melahirkan dengan SC, so.. ada kateter & jahitan di perut ya. Masih inget ya di postingan sebelumnya, aku cerita kalo aku alergi pain killee. Jadi selama recovery aku ga minum pain killer.

Untung aja ga ada rasa nyeri atau sakit yang gimana-gimana kan yah. Aku bisa mandi, jalan-jalan seputar kamar. Sebenernya di hari +2 aku dah boleh pulang, tapi waktu itu harus tunggu hasil lab Tatwin untuk kadar Bilirubin-nya. Karena keluarnya baru sore, jadi kita putusin untuk check-out besok paginya ajah.

Pas H+3, sepagian tengkuk dan leher aku berat banget, sakit banget ga bisa angkat kepala, luar biasa rasanya, suster bilang itu wajar, katanya nyeri tengkuk setelah SC, akibat sisa anastesi spinal itu. Dan mereka bilang memang ga hilang walaupun minum obat pusing, nanti hilang sendiri setalah seminggu. Ya amploop.. seminggu??

Aku mulai resah, (caelah resah.. :D), karena aku di rumah memang sendirian kan, ga ada pembantu, sedangkan Mama dah balik di H+1, karena ada kerjaan, dan Mama dah cuti hampir 2 mingguan nemenin aku. Ga enak kan kalo harus cuti lagi. Kebayang banget sedihnya. Huhuhu.. ga tau mesti gimana sama ni Bayi.

Tapi semua terkalahkan pemirsah, dengan setiap kali liat wajah Tatwin, mulut mungilnya, hidung kecilnya, jari-jari kecilnya. Jadi kembali kuat lagi, hari Rabu siang aku pulang ke rumah. Yeaaaiyyyy... Tatwin is in da house.. :*

Sepanjang jalan bobo dia, aku pangku ga puas-puas liatinnya. Hihihi.. sampe rumah, langsung boboin di crib-nya. Akhirnya terisi juga Crib kosong ini. Seneng banget. Liat mukanya bobo anteng banget. Subhanallaah.. jadi di rumah aku Cuma di temenin Papaku, suamiku & tanteku yah. Plus pas hari itu temen kita ada satu yang nemenin. Thanks God. Jadi ga berasa sendirian banget kan ya.

Sesiangan itu, ga boleh ngapa-ngapain. Disuruh berbaring di tempat tidur aja, suamiku sibuk nyari beberapa perlengkapan tambahan lagi. Misalnya popok kain beli 1 ½ lusin lagi, karena boros banget. Beli gurita tambahan buat aku, ember kecil untuk baju kotor dan popok kotor, baskom mandi. Hahaha seksi repot dia.

Tanteku bantu-bantu beberes rumah, masak dan nyiapin kebutuhan dapur. Aku ga lemah-lemah banget sih, bisa jalan bolak-balik. Ke toilet dan gendong Tatwin. Searching-searching juga ternyata emang bener kalo abis lahiran, ga boleh angkat berat-berat maksimal angkat yang seberat bayi. Sore itu aku bisa mandiin Tatwin untuk pertama kalinya, pakein dia baju, grooming, nyentuh kulit rapuhnya. Tatwin suka banget mandi & berendem. Sampe sekarang malah. Kalo lg di washlap agak bete, tapi begitu di rendem kesenengan dia.

in my own Crib

berendam ala Bayik



Beberapa hari di rumah dengan kondisi lemah ya, jadi kira-kira ada beberapa hari di temenin Mama mertua dan ART-nya, yang katanya mau bantuin aku ngerawat Tatwin ke depannya. Pas hari ke-7 waktunya kontrol ke DSA Tatwin, ga tau kenapa pagi itu aku seger banget, rasa sakit kayak yg hilang. Akhirnya aku putusin untuk bilang ke Mama mertua & Papa aku. Ga papa ga di temenin lagi di rumah minggu depannya. Secara kasian mereka malahan. Padahal sebenernya gapapa kali yah mereka kan juga pengen lama-lama bareng cucunya.

Waktu itu aku bilang ke suami, aku pengen coba urus Tatwin sendiri dulu. Pengen bonding ke dia. Suami agak kuatir awalnya, tapi lama-lama dia mau ngerti, (kepaksa banget kayaknya hahaha). Aku bilang kalo aku nanti ga kuat aku tinggal bilang lagi. Sambil cari-cari ART yang bisa buat ngasuh Tatwin.

Soo..
Sedih bener pas momment dimana Bokap pamitan sama cucu perempuannya ini. Hahaha emang dasarnya Bokap melankolis banget yah. Sampe nangis lhoh doi pas cium si Tatwin. Katanya “Abuy pulang dulu ya, jangan nakal sama Mami. Nanti Abuy kesini lagi. Yang sehat ya Nak.” (Ahhh thats moment.. aku jd terharu lagi kan kalo inget. :p) mewek deh berduaan.

Here we are Tatwin.. just three of us, Mami, Papi & Tatwin..

Menjadi Ibu
Jadi minggu-minggu awal ngurus Tatwin, kocak banget deh, mungkin semua Ibu jg ngalamin. Yah maafkan aku yg katrok inih ya.. hari-hari dimulai, semua orang deket dah bilang kalo aku ga boleh angkat berat berat. Ga boleh sering-sering kena air.
Cuman mikir lagi akunya, ni bayik kan ngompol, pup mulu kerjaanya ya. Aku kudu cuci dong yah. Mau gimana lagi? Tetep aja aku yang cuci hahaha.. baju ku & suami juga aku yg cuci. Jadi emang 1 bulan pertama aku ga pakein Tatwin diapers ya. Pake popok kain biasa. Tapi ya itu resikonya hahaha.. cucian numpuk.

Tiap malem kebangun berkali-kali karena ngompol or minta nenen. Uhhmmh.. seru? Yaaa gitu Deh.. hahaha.. kesannya ga ikhlas ya? Tapi I do ikhlas koq Baby.. mami rela lakuin demi Tatwin. Mami dah ga bisa pake baju ribet-ribet, pokoknya baju yang segampang mungkin untuk akses nyusuin Tatwin ya.

Morning routine-nya juga seru, sekarang bisa sambil anter Papi sampe depan pintu. Lucu kan yah. Bener-bener terharu punya keluarga kecil begini. Lanjut jemur Tatwin di bawah matahari. Sunbathing bahasa kerennya.




Belum pas masa-masa, dimana payudara bengkak, dan ASI bocor alias netes-netes ke segala arah. Beneran itu ASI, netes-netes, aku ga ngerti koq bisa begitu, 1 bulan pertama, aku pake breast pad ya. Biar ga tembus. Pernah dan bahkan sering pas breast pad-nya ga pas waktu tidur, paginya kasur dah basah, kadang waktu lagi penuh juga suka ngucur sendiri. Kalo inget itu aku nyesel, ga punya freezer dari awal, jadi bisa stock ASIP lebih cepat. Pas produksi lagi banyak bgt, sedangkan konsumsi ASI Tatwin jg belum banyak. (nanti kita bahas di lain waktu ya Moms untuk manajemen ASIP ala2 Mami Tatwin).

Yang mengharukan adalah, its true, yang bilang your daughter is you BFF. Bahaha.. selama ditinggal suami kerja, kan ya ga kesepian gimana-gimana. Sering ngobrol dan curhat sama Tatwin. Walaupun merem melek doang reaksinya. Hihihi.. it made my day. Seru-lah pokoknya punya anak. Seneng banget bisa dikasih kesempatan untuk jadi seorang Ibu.

Baby Blues?

      Kalo ditanya ngalamin ngga?
      Ga tau.. tapi mungkin juga ngalamin tapi ga nyadar.
Jadi kita kupas aja dulu apa sih Baby Blues Syndrome itu?

Baby Blues Syindrome yang biasa juga dikenal sebagai Postpartum Distress Syndrome merupakan suatu kondisi dimana muncul perasaan gundah gulana atau adanya perasaan sedih yang di alamai oleh para ibu pasca melahirkan. Kondisi ini biasanya terjadi pada 14 hari pertama pasca melahirkan dan cenderung memburuk pada 3 ata 4 hari pasca melahirkan. Namun jika ibu mengalami kondisi yang sama melebihi batas normal 2 minggu, maka baiknya ibu berkonsultasi dengan dokter, karena di khawatirkan mengalami Postpartum Depression.
Banyak kalangan menilai adalah hormon yang menyebabkan ibu mengalami baby blues syndrome. Pada saat kehamilan, ibu banyak mengalami perubahan besar baik fisik maupun non fisik termasuk di dalamnya perubahan hormon. Begitu juga pasca melahirkan, perubahan tubuh dan hormon kembali terjadi lagi. Perubahan-perubahan yang kembali terjadi pada diri anda akan sangat mempenngaruhi perasaan ibu. Penurunan secara drastis kadar hormon estrogen dan progesteron serta hormon lainnya yang di produksi oleh kelenjar tiroid akan menyebabkan ibu sering mengalami rasa lelah, depresi dan penurunan mood.
Ibu yang mengalami Baby Blues Syndrome biasanya akan mengalami gejala-gejala:
·         Rasa sedih dan depresi memenuhi perasaan ibu hingga menyebabkan ibu sering      menangis
·         Emosi sangat labil, mudah marah, gampang tersinggung dan sering hilang rasa      sabarnya.
·         Kerap kali ibu merasa kelelahan dan sering dihinggapi sakit kepala
·         Sering merasa kurang percaya diri
·         Sering mengalami rasa cemas
·         Mengalami kesulitan dalam berisitirahat atau susah tidur
·         Sering mengalami rasa takut akan berbagai hal 

Kalo dari point di atas sih kayaknya aku ngalamin semua yah. Dasarnya aku juga kadang sering mood swing. Point pertama seringnya sedih & ketakutan yah. Awal-awal dulu aku parnoan bgt sampe tiap pagi sore tuh ngukur suhu. Terus bener-bener yg gampang panik terus nangis.

Pas Tatwin muntah, aku nangis, ya Allah itu beneran aku liat muka dia megap-megap abis muntah. Kesian banget. Langsung aja kan kosong tuh perutnya. Padahal setiap abis muntah Tatwin-nya juga ketiduran sih. Pas mau puput tali pusar-nya juga aku nangis pagi-pagi, waktu itu aku bilang ke suami tali pusarnya mau putus aku takut Tatwin kesakitan. Hadeewwhh. Hahaha.. lebayy yak?

Kalo yg marah & bete sih sering banget, apalagi kalo tetiba banyak Ibu-ibu yang tanpa babibu langsung bilang, nanti begini aja begini aja, anak gw juga dulu begini, ini si A dulu waktu bayi begini, harusnya bla bla bblaaaaahhh..
Langsunglah meradang mamak galak ini. Dalem hati ngedumel, diem aja bisa gak. Ini anak gw mau gw apain kan urusan gw. Kalo lo pada dah berasa berhasil ngebesarin anak kalian semua. Oohhhh.. selamat ya. Tapi kasihlah gw kesempatan ngurus anak gw, dengan cara gw, seminim-minimnya pengetahuan gw. Kan gw juga ga bakalan tidurin dia di tengah hujan deras, ga bakalan kasih dia makan batu, zzzz...

Keseeelll yess.
Itu sih dulu ya, setiap kali dikasih advice langsung bete, malas nanggepin kalo di compare kan yak. Parahnya kadang aku tanggepin dengan nada agak pedes & sengak. Yassalaaamm.. :D tapi sekarang sih udah bisa control, kalo ada yg begitu, senyumin, bilang makasih. Dalem hati tetep bilang, itu kan lo, gw beda. Wkwkwkwk.. keras kepala bgt yak? Ampuni Mami Tatwin ini ya Moms...

Ya gitu ya kalo itu termasuk Baby Blues, yess aku ngalamin banget. Tapi ga pernah banget terbersit untuk marah or kecewa sama Tatwin. Kayak yg pernah aku baca-baca. Yang sampe ga mau liat bayinya, ga mau nyusuin. Ga separah itu koq. ^^
Eniwei.. Cuma bisa bilang, everybabies are not same ya, ga ada bayi dan ibu yang sama karakternya. Jadi please jangan suka sama-samain. Jangan suka banding-bandingin. Biar si Ibu yang tentuin sendiri dia maunya apa, mau pilih cara yang mana.
Hihihi.. takut nyinyir-nya kepanjangan. Aku stop disini dulu ya Moms.

Wassalamu’alaikum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar