Selasa, 11 April 2017

Takjil Ngangenin-nya Mamah

Assalamu’alaikum
Ini sebenernya mau posting beberapa foto-foto hasil masakan aku ya. Banyak yang dari tahun kemarin pas jaman hamil, tapi sayang banget kan mau dibuang. Aku post aja disini sapa tau berguna kan yah.
       Cerita dikit, sebenernya ini makanan nostalgia yah, jaman masih piyik dulu, kalo puasa si Mamah sering banget bikinin makanan ini. Namanya Dadar Shaff, ga tau juga kenapa Mamah bilangnya itu, aku cari di google ga nemu hahaha. Menurut aku ini enak banget, lembut, wangi gurih, di makan tuh comfort banget. Apalagi abis seharian puasa.
       Tahun kemarin kebetulan pertama kalinya puasa sebagai istri yah. Adududuh.. hahaha.. nah pas banget lagi hamil juga, jadi mellow-nya bertambah-tambah. Kangen semua masakan Mamah. Karena jauh dari Mamah kan ya, akhirnya nyoba untuk bikin sendiri deh. Dulu pernah bikin sendiri beberapa kali, utk masakin Mesa (adik cowokku). Sekarang mau bikin lagi, obat kangen.

Dadar Shaff & Kolak Pisang


Dadar Shaff
Bahan:

  • 250 gr tepung terigu
  • 300 ml susu cair / santan sedang
  • 100 gr mentega / butter untuk oles
  • 100 ml air dingin
  • 100 gr gula pasir (sisihkan untuk taburan)
  • 1 sdt vanilla essence
  • 1 sdt garam
Cara Membuat:
  1. Ayak tepung terigu, dan campur rata dengan susu, air, gula, garam, vanilla essence. Aduk rata, saring dengan saringan supaya tidak mengumpal.
  2. Panaskan teflon, oles dengan mentega, tuang adonan crepe / dadar di atas teflon, balik sebentar, jangan sampai kering.
  3. Angkat, taruh piring oles mentega, taburi gula pasir, lipat 4. Tata di piring.
  4. Siap disajikan, waktu gulanya mencair dan meleleh. Itu bagian yang paling menyenangkan. Hihihi.. maknyus.. makan bareng kolak pisang.

Nyaaaammm..
Suami suka, tapi dia ga bakal makan banyak kalo rasanya terlalu manis, doyannya gorengan huhuu.. ini susah banget di ilangin.


Wassalamu’alaikum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar