Jumat, 02 Agustus 2019

Chit Chat That Bring Mommies War


Assalamu’alaikum

Ini hanya sedikit tulisan dan ketikan yang kadang pengen banget aku bahas, tapi ga bisa keluar di sosial media di IG Story aku atau postingan lain ya. Secara ya aku juga siapa ya.. hahaha.. sekarang aku mau mulai share actually sebenernya apa yg aku hadapin di depanku selama ini. Dan apa yg aku rasain setiap kali ada perbedaan-perbedaan yang mencolok. Bersyukurnya aku masih bisa pegang teguh sama prinsip awal banget. Ga yang sampe ngedrop sedih karena harus ngedengerin perbandingan atau bahkan adu mulut yg ga penting.



Jadi Mommy War sendiri menurut aku ga melulu berasal dari perkataan2 atau obrolan2 mommies, bunda yang seumuran, atau 10th yg lalu masih inget ngehits dengan sebutan MahMud2.  Ga juga ya, bahkan sekarang Mommies War ini mulai keliatan banget di IG Story, comments di status wa, comment di IG, atau facebook. Ini kadang lucunya, berisik yang pada udah umur lebih tua atau lebih muda yang belum punya anak sama sekali. Gawat kan?
Belum lagi saling sindir di WA Group parents, WA Group komunitas atau malah WA Group keluarga, si nenek kalo depan nenek lain saling membanggakan anak dan cucunya, tapi di dalam rumah sendiri, bilang ooh liat anak si itu begono begini. Ini mengerikan lhoh. Aku disini pengen bilang, just focus to your own child Mom, please. Jadi jangan ke-distract sama perkataan2 yg ga penting.
Aku punya anak dua, dan dua2nya belum ada yg genap 5 tahun. Sebenernya aku suka dengan komunitas Ibu2 yang bisa sharing parenting dengan baik instead of WAG-nya di buat untuk jualan aja kan ya. Sekarang ini kan lagi marak untuk saling sindir, dan saling merasa anaknya satu-satunya anak yang paling lucu dan pintar sejagat maya, nah, perlu banget ruang lingkup komunitas yang bener-bener bisa saling curcol nyaman dan saling support. Dan menghindari percakapan yang saling sindir satu sama lainnya. Ya some people akan bilang, ya ga usah terlalu dipikirinlah.. jalanin aja. Biasa2 aja lah... yakin lo? Bakal ngomong gitu kalo pas satu momment kita ketemu dengan satu momment yang ga ngenakin kayak gitu, kalo kita hidup dalam kamar tidur aja ya iya lah ya.
Biasanya aku bakal bahas dan sharing tanpa limit, tanpa batasan untuk orang-orang yang bener-bener mau nerima masukan dari aku, nah kalo sekiranya ada beberapa yg udah nanya tapi ujungnya malah kayak yang jd nge-judge aku, ya aku ga mau lanjutin, aku lebih baik tarik diri kan ya. Daripada ntar suasananya makin awkward.

Jadi menurut Mommies apa aja sih yang sekarang menjadi bahasan sensitif untuk dipilih kata-kata penyampaian dan pembahasannya? Coba aku bahas versi aku ya?

1. Normal atau Caesar Sectio Labor
Kenapa sensitif? Banget... bahkan di jaman milenial kayak gini aja masih lhoh berfikir ga logis hanya dengan pertanyaan merepet soal cara melahirkan. Belum lagi posting-posting dengan kata-kata yang bikin orang lain sedih.





Kayak gini:
“Lo kmrn normal / caesar?”
(normalnya, harusnya stop ya sampe sini-terus lanjutin dengan support apa gitu sambil doain yang baik-baik)

“kenapa koq caesar? Emang bayinya kenapa? Ga bisa keluar? Ga diinduksi? Koq nyerah? Dulu jarang minum air kelapa ya? Ga pernah olahraga ya?”

Lhah gila lhoh pertanyaanya begitu. Apapun caranya yaudahlah, itu udah jadi pertimbangan si Ibu untuk melahirkan whatever the way ya. Kan yang bakal ngerasain sakitnya si Ibu. Ya kalo situ udah berhasil lahir normal yaudah bersyukur ya.
Terus kadang ga stop lhoh sampe di situ, si Ibu pake posting, syukur Alhamdulillaah, Allah masih sayang sama aku bisa lahiran normal, karena selama ini aku hamil doa dan ngaji begini supaya dapat pahala melahirkan bla bla bla....helloooww Mak... emang yg lahir CS ga pake doa & ngaji. Astaghfirullaah... terus maksudnya apa ya begitu? Ya kalo mau situ boleh sharing aja yang bermanfaat apa kek.

Aku sering banget dapet kebanjiran curhatan soal masalah ini, bukan sombong, tapi masuk DM macem2 soal ini bener-bener bikin gemes lhoh. Ketambahan lagi yang muslimah pake bawa-bawa agama. Kalo lahir normal kenapa2 mati syahid. Lhah kalo CS ga mati syahid gitu? Luar biasa lhoh ini isi kepala Mommijen, namanya melahirkan mau normal atau CS, mati syahid semua, karena semuanya ada upaya untuk melahirkan amanah terbesar dari Allah.

Semua cara melahirkan plus minus ya, semua juga ada resiko, semua juga ada rasa sakitnya, dan ada juga manfaatnya masing-masing. Jadi ya kalo yang udah CS sukses juga yaudah, benefitnya juga kita ambil sendiri aja, share aja kalo memang diminta oleh yang bersangkutan. Sama juga kalo yg lahir normal, syukuri aja udah, jangan merendahkan yang lahir secara CS.

 2. ASI Eksklusif vs SuFor  
Satu lagi salah satu sensitif topic.
Langsung ngejudge yg nggak-nggak, yah gini ya.. kalo anaknya ga bisa dikasih ASIX (Asi Exclusif) begitu nge-jebrol ya masa iya emaknya mau disalahin? Kalo emang ga keluar ya gimana? Lagi-lagi itu pilihan Ibu-nya kan ya mau kasih ASIX atau SuFor.

Banyak hal yang menjadi alasan-alasan misalnya, si Ibu setengah mati berusaha sampe gimana-gimana supaya bisa ASIX, dari dalem kandungan ikut seminar dan lain-lain, belum lagi dia harus ikut konseling laktasi, bravo lhoh mamak macam ini. Pilihan hidup juga lhoh ini. Nahh kenapa harus dinyinyirin juga..
“ya ampun lo segitu amat, ASI lo dikit ya kasih aja tambahan lah, kasian anak lo.”
Ga berhak ya kita ngomomg gini. Bisa ga sih bilang,
 “yang semangat yaaaa... pokoknya jangan dibawa stress.”
Atau ada juga yang, sampe seminggu setelah melahirkan ga keluar juga ASI-nya, bisa jadi dia juga lg baby blues jadi ga bisa susuin baby-nya. Stop ya tanya2 kenapa ASI-nya ga keluar, atau malah ditambahin pendapat-pendapat ga penting. Misalnya:
“waduh ga keluar ya? Abis kamu CS sih melahirkannya, jadi deh ga keluar ASI-nya.”
Pengen gaplok ga sih? Hahaha...



Terus banyak hal juga yg nyebabin anaknya putus ASIX, misalnya keadaan hormonal si Ibu yang berubah, atau si Ibu yang bekerja ga memungkinkan untuk pumping rutin. So kita appreciate aja apapun yang dilakukan si Ibu  itu pilihan dia. kan dia kasih lanjutan suFor juga supaya nutrisi anaknya terpenuhi kan? Bukan berarti dia mau ngeracun anaknya kalik.

Atau malah ada juga yg tetep songong bin nyinyir, bilang:
“Aduh koq dikasih suFor merk itu sih? Emang bagus? Nutrisinya nanti gimana?”

Stooooppppppp!!!
Ga ada ya parameter Ibu yg super atau nggak, Cuma karena SuFor atau ASIX. Jangan bohongi diri sendiri juga, disaat anaknya emang ga minum ASIX ya show the world aja kalo anak kita ga minum ASIX lagi jgn sampe pencitraan tanpa batas, dan jangan ngerasa minder. Banyak koq Mommies influencer yg lanjut SuFor ada juga yg tetep ASIX, semua baik ya Mom. Dont judge, stay positive and waras.

 3. Working Mom vs Stay At Home Mom

SEMUA BAIK
Ibu bekerja maupun Ibu Rumah Tangga
Biasanya sering kayakk ada kampanye terselubung di sosial media, seriously, biasanya dengan embel-embel:
“alhamdulillaah, untung aku ga kerja, jadi bisa fokus urus anak.”
Menurut Mommies, perlu ga sih ngomomg kayak gitu? Ada ga sih kepikiran itu akan terbaca juga oleh Ibu bekerja lainnya. Dan apa sih maksudnya tulis-tulis begitu? Mau nyombongin kalian punya pahala lebih besar? Dan yakin anak kalian terdidik sempurna kalo kalian ada di rumah? Terus aja bikin galau Ibu2 pekerja dengan gencar share-share kasus tragis anak2 yg dititipkan ke pengasuh.



Terus Ibu Bekerja juga biasanya membalas ga kalah sengitnya, karena membantu mencari nafkah untuk keluarga dan lain-lain, sekaligus bisa jadi Ibu di waktu yang sama, dengan kemudian menobatkan dirinya sendiri sebagai Supermom. Ga boleh gitu juga, kalian working Mom belum tentu juga sanggup berperan sebagai Stay at Home Mom dengan baik.

Heiiyy.. enough ya, mau sebagai Stay at Home Mom ataupun Working Mom, semuanya baik. Semuanya juga tertulis baik di dalam agama masing-masing, semuanya adalah Ibu yang harus tetap berlimpah rasa kasih sayangnya dan dihargai oleh anak, suami dan keluarganya ya.

 4. MPASI HomeMade & MPASI Instant
Ini juga pilihan yang sensitif ya Mom, ada beberapa Ibu yang emang waktu nya ga bisa buat MPASI Homemade. Jadi dia pakai instant atau karena ga mau merepotkan si pengasuh dia minta buatkan MPASI Instant untuk anaknya.



Semuanya sah-sah aja koq.
Ya semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ibu MPASI Homemade akan bilang, “makanan luaran itu bahaya, ga bersih dan bnyak vetsin-nya.”
Mungkin ga salah juga kan. Emang ada vetsin-nya, tapi ya percayakan aja sama Mommies yang kasih anaknya makanan instant, banyak banget sekarang yang jualan makanan instant yg organik dan sehat koq.
Tapi one thing!!! Dia udah masak, jungkir balik nyiapin makanan ini itu buat anaknya, sebaik mungkin sesehat mungkin, masih juga di cecar lhoh. Ketika sang anak GTM (Gerakan Tutup Mulut) ntar masih ada juga sih yang julid.

“Tuh kan, makanannya ga enak, kurang gurih, ga kasian apa anaknya ga mau makan? Ntar kurus lhoh.”

Belum lagi ada balada emak mamang sayur dan emak minimarket. Wah ga kelar2 ini ngebahas soal makanan. Hahaha..

 5. Pendidikan / Education
Banyak Ibu yang mengutamakan pendidikan di luar rumah sedari dini untuk anak-anaknya. Tapi ga sedikit juga para Ibu yang pengen anak-anaknya tetap menerima pendidikan di dalam rumah, dengan mengedepakan nilai-nilai edukasi dari dalam keluarga. Dan ini sensitif banget, ketika beberapa anak sudah les calistung sedari dini, dan beberapa anak juga sudah les bermacam2 edukasi. Kemudian dimulai ketika semua Ibu saling membanggakan anaknya masing-masing..

“eh anak lo udh bisa apa? Oooh.. disekolahnya ga diajarin bahasa mandarin? Sayang dong udh bayar mahal...?”

Dimulailah war tersebut, perdebatan panjang adalah ketika sang Ibu yang satu lebih mementingkan akademis dan kepintaran intelektual anaknya, tetapi ibu lainnya lebih bangga ketika anaknya bisa melakukan hal-hal yg manis dan sopan. Dan Ibu yang lainnya senang ketika anaknya lebih bisa mengembangkan kemampuan atletik ataupun musikal.

Dan udah tau ya pemicu awalnya apa, jadi sebaiknya dihindari aja untuk mengeluarkan kata2 seperti itu. Dan jika harus menghadapi kata-kata seperti itu lebih baik diam, dengarkan (mungkin si Ibu yg julid ini sedang curhat), hahaha... toh pada akhirnya segalah hal mengenai pola asuh kita semua bisa menjadi pemicu, ketika semua ibu muncul sebagai Ibu yang paling benar.


 6. Dokter Anak dan Vaksinasi

Ini juga trending hot topics lhoh, why? Karena pasti ada aja ntar ujaran-ujaran yang nyelekit terkait topik ini. Ngaco kan? Ya kalo udah punya pilihan dokter masing-masing yaudahlah ya? Terus kalo Ibu2 yang jago googling udah bisa apa2 ya gausah ngejudge ini itu ke Ibu2 yang tetap percaya sama dokternya.



Kan yang punya pilihan masing2, misalnya ada Dokter yang pro sama vaksin, pro dengan ASIX, pro dengan insisi, atau bahkan ada juga dokter yang kontra dengan asuransi. Ya tinggal dipilih aja mana yang cocok sama pribadi masing2 kan ya. Then ga usah menggiring orang lain dalam kegalauan maksimal. Hahaha.. nah ibu2 yg kira2 merasa tersudutkan, ada baiknya lebih aware dan lebih banyak cari tahu. Bukan untuk membalas, tapi untuk meyakinkan diri apakah pilihan Ibu / mommies pada saat itu sudah benar?


Pada akhirnya terlalu banyak yang harus disebutkan lhoh pro dan kontra, banyaaaaak banget, misalnya Popok Sekali Pakai (Pospak) atau Popok Kain, Empeng atau Nggak, dan lain lain...
Ya kalau memang mau share atau mengemukakan pendapat,

  • ada baiknya untuk tetap mengatur kata-kata. Dan kita harus aware lingkup sharing kita siapa saja. Apakah kebanyakan mereka akan terbuka (open minded) atau malah akan tersinggung dengan sharing seperti itu.
  • Dan lebih baik menghindari debat jika ada yang kira-kira bertambah nyinyir ketika kita memulai obrolan terkait topik sensitif tersebut.
  • Banyak2 khusnudzon dan berbaik sangka sama emak2 lain yang pilihannya berbeda sama kita ya Moms.

Yuklaaah kita kan sama2 Ibu2 ya.. saling support ajalah ya. Pls... love & peace.

Wassalamu’alaikum

Disclaimer:
·         Pls leave comment as you needed. Atau kalo ada yg perlu ditanyain monggo.
·         The Photograph image are not my own, just for ilustration that represent the topic above.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar