Senin, 01 Juli 2019

Struggling Behind “Singaporean Flu” (HFMD)


Assalamu’alaikum
Apa kabaaaar Mommies, Bunda2 & semuanyaaah. Ya kalik ya ada yg cariin aku wkwkwkwk.. udah lama banget ga sharing di Blog, dengan beribu janji dan segudang kata manis mau tulis tulisssss.... di IG aja aku udh ga kepegang mau tulis resep kecuali curhat2 doang wkwkwk...

Jadi harusnya aku tulis ini dari minggu kemarin tapi apadaya, Mamak ini pemalas bin ribet juga hehehe... Yang pada nanya Thufaeela (Faila) sakit apa, minggu lalu dia positive Flu Singapur ya. Iyesss. Serem kan?

Yg belum tau Flu Singapur itu apa, dan bolak balik semua nanya eknapa namanya Flu Singapur? Ga Flu London atau Flu Hongkong. I dont know laaah ya Makkkk. Cm kalo liat di wiki ini wabah awalnya justru dari Sarawak Malaysia, trs beruntun ke Taiwan, China dan termasuk Indonesia. Kalo flu harusnya biasa aja ya ga serem. SEREM lhoh Mak.. ini wabah awal yg di Serawak sampe puluhan yang meninggal. Gimana Mamak ini ga spanneng coba?

Disini aku bakal tulis 2x posting ya. Yang dipostingan ini aku bakal tulis khusus pengalamanku yang terjadi pada Faila. Nanti aku posting lagi untuk Flu Singapurnya sendiri.

Bismillaah. Semoga bermanfaat ya, insyaaAllah.

Rabu, 19 Juni 2019
Udah dari senin kan Faila sm Abuy-nya (Papaku), jadi ini hari ketiga dia berdua aja sama Abuy-nya. Biasa drama ga dapet Mbak dan cm Papaku deh yg bisa jagain. Hari pertama kedua aman. Nah mulai hari selasa actually ini anak mulai ga doyan makan. Papaku bilang mungkin ga suka sama makanannya, hari itu dia aku kasih gnochi ayam. Jadi masuk akal mungkin terlalu keras atau dia lagi teething.
Malem itu aku sampe rumah dia lagi dipelukin aja sm Papaku. Katanya rewel banget, pas aku check bener aja panas, dan di kepalanya penuh bentol dan bruntusan. Suhunya sampe 38,5° hikssss....

Aku nyoba tenang kan ya, ahh cuma teething pikirku. Mau tumgi (tumbuh gigi), karena pas aku liat emang gigi atasnya nongol sedikit 1 biji. Aku minta suamiku beli fever patch untuk kompres kan ya, ehh tapi Faila-nya bete gitu setiap ditempelin fever patch. Nangis2 semaleman ga berhenti2. Aduuh pilu rasanya. Aku ttp kasih nenen semaleman, sambil terus balur kutus2, YLEO thieves, Digize di perut. Dan di dada eucalyptus. Karena perutnya keras banget dan kembung. Ya Allah kasian banget...

Kamis, 20 Juni 2019
Paginya, panasnya udh reda balik lagi ke 37° dan akhirnya 36° itu setelah poop dan perutnya kempes. Alhamdulillaah. Aku akhirnya bisa ngantor pagi itu, karena anaknya udh ceria lagi. Bruntusan di kepalanya mulai kering gitu, karena awalnya aku pikir dia alergi something gitu.

Malemnya, pas aku pulang sampe rumah. Ini rewel lagi, dan Papaku update anaknya ga mau makan banget, maunya cemil2 snack-nya aja dan minum susu. Aduh aku panik lagi kenapa ya, aku coba liat bruntusannya mulai keliatan di kuli tangan dan kaki waklaupun ga banyak. Dan aku minta suamiku beli snack yg bikin kenyang aja, kayak biskuit gitu. Daripada anaknya susah makan kan ya? Actually temen2 aku yg deket, yang pernah ketemu Faila dan tau Faila makannya gimana, pasti bakal khawatir lhoh liat Faila nafsu makannya merosot banget. Dia anak yg dari umur 8 bulan gampaaang polll makannya. Pas umur 10 menjelang 11 bulan, dia udah makan nasi dan bahkan daging lunak tanpa di blender. Kebayang paniknya aku sedihnya aku, whats wrong kan? Sakitnya ga biasa kalo sampe dia mau banget makan kayak gini.

Jadi malem itu dia nangis yg almost sampe kyk histeris & teriak2 gitu, kadang tuh kayak ga mau Nenen, tapi dipeluk juga berontak. Duh ya ampun aku stress banget ya. Ini aku tetep lanjut semaleman treatment oil itu, tapi ditambah lavender & lemon. Udah menjelang subuh dia baru bisa agak tenang dan bobo rada pules, aku kuatir keadannya gitu mulu kan ya, jadi hari itu emang aku minta ijin ga ngantor dan anter Faila periksa ke dokter Huda.


Jumat, 21 Juni 2019


Paginya ini aku bikin pancake oat yang enak bangetttttt (karena aku suka, suami suka) dan Tatwin juga suka. Faila udh mau makan, dan senyum2. Tapiiiiii... ini bentol2 tambah aneh.

Pas pagi itu aku masih sambil gendong dia ke tyukang sayur, sambil ngobrol lah sama Ibu2 komplek, dan ternayata 3 hari yang lalu si anaknya kena flu singapur dengan gejala yang sama dengan Faila. Karena pas Faila nangis aku sempet liat ada kyk bentol sariawan di pangkal kerongkongannya. Nah denger begitu Ya Allah, aku langsung shock, dan buru2 bawa Faila pulang.

Terus begitu selesai makan siang, aku gantiin baju Faila, dan bawa ke dokter Huda. Sampe RS Hermina, Faila ga yg cengeng gimana koq, dia masih anteng, masih cemil2 biskuitnya. Semua orang gemes even bocah2 juga pengen cubitin dia. Tapi aku terpaksa tutup strollernya dengan kain, aku bilang maaf kemungkinan anakku campak atau semacamnya, jangan dekat ya... hiks sedihnya... untungnya banyak Mommies yg disana bukan yg berkerut dahinya... Cuma senyum dan bilang oke gpp koq. Sampe ruang dokter bener aja, Dokter Huda bilang Flu Singapur, kemungkinan besar tertular dari kolam renang. Ya Allah. Dan diminta untuk jauh2 dulu dari Kakaknya (Tatwin-lhah gimana caraaa?) Karena belum ada anti virusnya dan vaksin-nya. Dokter cm kasih antibiotik dan vitamin plus salep racikan gitu. Aku ga tahan antrian apotik RS jadi aku tebus di apotik langgananku ya. Sambil nunggu obat di racik, Failanya ikut ngemil dimsum. Alhamdulillaah. Masih mau makan. Aku beli lebih untuk di rumah...
Sampe rumah dia mau makan lagi, alhamdulillaah, agak banyak, dan aku langsung kasih vitamin dan antibiotik. Salep racikan aku kasih, dan tambah sedih ruamnya tambah parah kayak melepuh melepuh gitu. Aku coba tanya2 ke temen2 dan remediesnya gimana, aku googling dan browsing tentang virus ini. Dan aku malem itu coba ngeracik untuk baluran pake YLEO. By the way, ini definetely aku ga jualan dan promosi atau endorse apaan ya. Aku beli sendiri dan kalo Mommies mau beli silahkan. Aku ga jual hehehe. Aku share karena aku mmg pake buat pribadi udh 3 tahun ini karena manfaatnya. Jangan tanya yg lainnya, dan kalau mmg mau bikin racikan please komunikasi dulu sama upline / induk semangnya ya.

Jadi, aku buru2 minta suamiku malem itu cari VCO karena aku kehabisan carrier oil, dia juga khawatir banget Faila ketularan Flu Singapur. Aku coba baca2 emang penanganannya harus ekstra, karena sariawan biasanya anak2 bakal males makan minum kan, padahal untuk flu ini, kunci utamanya adalah rehidrasi jadi kekebalan anak bisa muncul dan melawan si virus-virus tersebut.
Ini racikan aku ya: ambil botol 5ml yg ga kepake, isinya masing2 5 tetes, Purification, Thieves & Lavender. Sisanya penuhin botol dengan carrier oil, yg paling gampang dicari ya VCO, aku V6 keabisan soalnya. Ini oles tipis ke bentol2nya, terus ke telapak kaki, dan sepanjang tulang belakang (spine).
Kutus2 tetep aku balur di perut & dada. Untuk sariawan aku kasih copaiba tetes ke kapas, dan totol2 di lidahnya. Karena aku ga berani pake cotton bud, takut kedaleman. Dokter bilang dlaem mulutnya penuh banget sama sariawan. Sedih ga sih? Hiks kebayang kita punya 1 biji sariawan menderitanya kayak apa kan ya?
Ini 1 jam sekali semaleman aku oles-oles terus begadangan. Untung besoknya sabtu libur.

Sabtu, 22 Juni 2019
This is her Birthday, and she is still carantine at our room!!!! Tambah pedih ga sih eyke??? Even Tatwin ga aku bolehin ketemu sm Faila.




Melepuhnya tuh sampe kayak gitu ya Allaaaah. Aku ga tau gimana rasanya. Mau nangis tapi udah ga bisa. Akunya juga ga mau drop. Seharian aku oles2 ini ya, sehariaaaan!!!


Ini sore menjelang malem alhamdulillaah ya Allah, udah mulai kempes si melepuh2nya. Aku makin semangat dan rajin oles-olesin kan ya.

Minggu, 23 Juni 2019
Rasanya bahagia, karena bantuan datang, Mamaku datang, Mbak baru pun datang, Faila berangsur pulih dan hampir kering semua itu bentol2nya. Yeaaaiyyy....



Ini berarti 2 hari setelah aku ngeracik oil blend ya. Dan aku buat lagi di botol 15ml dengan dosis aku kali 3 (15 tetes per each, dan aku tambahin 5 tetes melrose).

Senin, 24 Juni 2019
Aku balik ngantor dengan tenang pagi ini. insyaaAllah semua baik2 aja. Makasih semua doa dan bantuan sarannya. Faila aku anggep udah pulih, meskipun aku masih karantina 1 hari kedepan. Karena aku ga mau nularin Tatwin kan ya.
Dan aku ga bolehin dia keluar pintu rumah sampe 1 minggu ke depan


Waktu aku tulis ini semua bentol di kaki, tangan Faila udh hampir semuanya ngelopek/mengelupas. Much better dari yang ada di gambar atas ya. Dan aku berharap Faila or Tatwin ga akan sakit aneh2 lagi, dan semoga sharingan aku ini bermanfaat yaaaa.... mohon doa untuk kebaikan kita semua ya. Aamiin.
Next aku jabarin lagi detail virus ini. Dan bisa googling dulu ke : https://www.alodokter.com/flu-singapura kalo memang pengen tau banget urgently sambil nunggu aku nulis.

Sampai jumpa Mommies...

Wassalamu'alaikum




Note:
  • Content ini mengandung gambar yg mungkin tidak nyaman untuk dilihat sebagian orang. please read and react wisely. 
  • ini gambar hampir semuanya dari foto anakku, ga mudah bagi semua orang untuk share seperti ini. just respect.
  • ada beberapa gambar aku ambil dari pinterest & google karena ga smpt fotoin. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar